Awal Maret 2017 kemaren adalah pengalaman pertama saya memancing dilaut dengan menyewa kapal nelayan. Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu hobi memancing, namun karena ajakan teman yang sudah biasa memancing dan saya hanya duduk manis saja karena semua alat sudah komplit tinggal jalan saja.

Mobil Ford Ranger yang kami tumpangi berangkat dari Rajabasa menuju Dermaga Ketapang. Sebelum sampai Dermaga atau Pelabuhan Ketapang ada 2 tempat yang kami singgahi, yang pertama adalah Toko Alat Pancing di daerah Teluk Betung. Tiga alat pancing yang dibawa di cek ulang, membeli 2 kg timbal atau pemberat, membeli pancing baru dan salah satu alat pancing harus ganti senarnya.

Tempat yang kedua adalah Gudang Lelang Lempasing dimana kami membeli pakan untuk memancing berupa 1 kg Cumi-cumi dan 2 kg udang segar. Dua jenis pakan ditaruh dalam box gabus/steroform yang sudah diisi Es Balok bercampur minuman soda dan air mineral.

Mampir di Toko Pancing Wilayah Teluk Betung
Dermaga atau Pelabuhan Ketapang adalah sebuah terminal kapal-kapal kecil milik nelayan untuk melaut atau memancing dan ada juga kapal kecil khusus untuk penumpang mungkin bisa dibilang Angla (Angkutan Laut). Disana juga terlihat kapal-kapal milik dinas perhubungan laut.

Dilokasi Dermaga Ketapang seperti pelabuhan pada umumnya, terdapat lahan parkir yang cukup luas dipingir laut yang dibuat dari beton yang di cor. Dilihat dari banyaknya kendaraan yang parkir di Dermaga Ketapang para wisatawan yang datang sebagaian besar berwisata kepulau-pulau yang letaknya tidak terlalu jauh dari Dermaga Ketapang karena masih terlihat jelas dari pandangan mata.
Selain wisata kepulau-pulau terlihat juga kelompok-kelopok wisatawan yang membawa peralatan lengkap untuk menyelam.

Dermaga 4 Ketapang Pesawaran - Lampung

Dermaga Ketapang mungkin dulunya adalah pelabuhan kecil milik nelayan lokal yang kemudian dikembangkan oleh pemerintah daerah karena tempatnya yang strategis dekat dengan jalan raya.
Di sekeliling dermaga warung-warung warga lengkap menyediakan kebutuhan para wisatawan dari makanan, WC umum, oleh-oleh/cindramata, tempat ibadah, dan toko-toko penyewaan peralatan menyelam serta alat keselelamatan dilaut seperti jaket pelampung dan lain-lain.

 Akses Menuju Dermaga 4 Ketapang
Lokasi wisata Pantai Ketapang berada digaris pantai populer di lampung tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Dari Bandar Lampung tepatnya Kecamatan Rajabasa dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan kepatan 40-60 km/jam.

Untuk masuk ke Dermaga Ketapang kita hanya di pungut biaya parkir kurang lebih Rp. 5.000 untuk sekali parkir (bisa seharian). Nah untuk menyewa satu kapal nelayan plus juru mudi atau nahkodanya saya kurang tahu persis karena teman yang mengurus semuanya.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Powered by Blogger.